Berita Pohon Sawit Terkini

Kunci PT Triputra Agro Persada Tetap Sukses di Sawit

Kunci PT Triputra Agro Persada Tetap Sukses di Sawit

PT Triputra Agro Persada (TAP) merupakan salah satu anak perusahaan dari Triputra Group yang fokus di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet berskala nasional. Awal tahun 2018 menjadi momen penting bagi TAP untuk menghasilkan keuntungan setinggi-tingginya sesuai dengan target perusahaan. Kondisi ini dipacu oleh pencapaian yield atau keuntungan tahun 2017  yang melampaui target.

Pada Swa.co.id, CEO PT Triputra Agro Persada, Arif Rachmat mengatakan bahwa perkembangan kelapa sawit di tahun 2018 cukup baik. Kelapa sawit memang menjadi Top 10 basis devisa untuk Indonesia, namun Arif menilai, perusahaan tetap harus menjaga efisiensi biaya dan sustainability agar keuntungan lebih baik atau setidaknya sama seperti yang mereka dapatkan di tahun 2017. Arif pun memaparkan kiat perusahaannya untuk tetap meraih kesuksesan mereka.

“Jadi kalau di kami, TAP, Key Performance Index memiliki tiga indikator yaitu yield, cost dan sustainability. Sehingga sustainability TAP antara lain safety, enviromental, comodity, dan social,” ungkapnya.

Arif mengatakan TAP berusaha mewujudkan yield tinggi sehingga otomatis, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih rendah nilainya. Selain itu, TAP juga menerapkan mekanisasi konsumsi bahan bakar seperti solar agar lebih efisien dan produktivitas SDM yang ditingkatkan serta intensifikasi lahan, sehingga produksinya dapat naik.

Intensifikasi lahan menjadi perhatian perusahaan dengan menggarap lahan yang telah ada supaya dikerjakan lebih intens untuk meningkatkan produktivitas. TAP juga melakukan intensifikasi di lahan-lahan petani swadaya dengan cara pendampingan, akses modal, bibit, dan sebagainya.

“Mulai tahun 2018, kami akan fokus juga menggandeng petani-petani kelapa sawit swadaya. Tujuannya untuk diintensfikasi kebun dengan cara pendampingan dan membuka akses ke pembiayaan dengan kelapa sawit sebagai penjamin supaya mendapatkan akses modal dari bank,” jelas Arif.

PT Triputra Agro Persada dikenal sebagai salah satu perusahaan penghasil crude palm oil terbesar di Indonesia. Perusahaan yang pada awalnya didirikan oleh pengusaha Teddy P. Rachmat tersebut kini memiliki lahan lebih dari 160.000 hektar (ha). Arif Rachmat yang merupakan putra dari Teddy adalah satu dari sekian orang yang berhasil meraih penghargaan Indonsia Most Admired CEO pada tahun 2017 yang lalu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *