Berita Pohon Sawit Terkini

10 Hal Tentang Kelapa Sawit yang Perlu Anda Ketahui

10 Hal Tentang Kelapa Sawit yang Perlu Anda Ketahui

Seperti kita sketahui, industri kelapa sawit beserta produk-produk turunannya saat ini sangat diminati. Termasuk produk-produk PT Triputra Agro Persada seperti Crude Palm Oil (CPO) atau minyak serabut kelapa sawit, dan Palm Kernel Oil (PKO) atau minyak inti kelapa sawit. Produk-produk di atas saat ini telah menjadi komoditas ekspor Indonesia nomor satu. Tak heran jika di 2017 silam Indonesia masih tercatat sebagai eksportir minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Indonesia disebut-sebut mengekspor produk minyak kelapa sawit beserta produk turunannya seperti oleokimia dan biodisesel hingga 16,6 juta ton. Agar lebih paham soal kelapa sawit, berikut 10 hal tentang kelapa sawit yang perlu Anda ketahui :

  1. Nama latin kelapa sawit adalah Elais guinensiss Jac, yang masih satu rumpun dengan pohon palem. Kelapa sawit merupakan sumber minyak nabati yang paling terkenal di dunia. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan minyak nabati sejenis lantaran produktivitasnya yang cukup besar. Lantaran hampir seluruh bagian dari kelapa sawit dapat menghasilkan minyak.
  2. Sebagai gambaran, ladang kelapa sawit yang dikelola dengan baik akan menghasilkan 20.000 kilogram buah pertahunnya. Hal ini dikarenakan dalam satu pohon kelapa sawit dapat menghasilkan 12 hingga 14 tandan kelapa sawit dalam kurun waktu satu tahun.
  3. Kelapa sawit umumnya tumbuh di daerah tropis. Karenanya di Indonesia sendiri saat ini budidaya kelapa sawit rata-rata mendominasi daerah-daerah di Kalimantan dan Sumatera.
  4. Budidaya kelapa sawit nyatanya mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup besar di Indonesia. Bahkan, hampir 40% minyak sawit di Indonesia ditanam oleh petani kecil atau yang biasanya dikenal sebagai perkebunan swadaya. Tentunya hal ini merupakan dampak positif dari adanya perkebunan kelapa sawit yang mampu mengentaskan kemiskinan di Indonesia secara perlahan, baik dari segi manusianya maupun dari segi infrastruktur yang kini berkembang sedemikian pesat.
  5. Kelapa sawit adalah tanaman yang berasal dari Afrika Barat dimana dulunya Kelapa Sawit adalah makanan sehari-hari lebih dari 5.000 tahun. Bahkan sejarah mencatat minyak sawit telah digunakan oleh Bangsa Mesir kuno.
  6. Sejarah mencatat, revolusi industri di luar negeri membuat konsumsi kelapa sawit semakin besar. Beberapa penemuan penting di awal abad ke 20 misalnya penggunaan minyak kelapa sawit untuk lilin, pelumas industri, dan yang paling terkenal yakni kimiawan Perancis, Paul Sabatier yang menemukan bentuk baru konsumsi minyak kelapa sawit dengan bentuk margarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *